Ulasan Artikel

Di dalam artikel yang berjudul analisis perbandingan kepuasan konsumen terhadap pelayanan pada minimarket indomaret dengan alfamart di kompleks pesona anggrek Bekasi terdapat beberapa kesalahan dalam penulisannya maupun tata cara penggunaan kalimatnya. Beberapa diantaranya akan saya jabarkan dibawah ini.

Di dalam artikel ini terdapat beberapa penggunaan kata-kata bahasa asing. Di dalam penggunaan tersebut terdapat salah tata cara penulisannya. Contoh kalimat yang salah yaitu didalam paragraf tiga pada bab pendahuluan, disana terdapat kata-kata asing seperti responsivness, Realiability, Assurance, Emphaty, dan Tangibles. Pada awal paragraf memang penggunaannya tata cara penulisannya sesuai yaitu jika kita menggunakan kata-kata dari bahasa asing, hendaknya kita memiringkan kalimat tersebut. Tetapi pada bagian penjabaran dalam bentuk poinnya ada beberapa kata yang tidak dimiringkan dan ada kata yang dimiringkan. Seharusnya semua kata asing harus dimiringkan.

Terdapat kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat “terdapat lima dimensi yang dirancang untuk mengukur kualitas pelayanan yang didasarkan pada perbedaaan antara nilai harapan dengan nilai kinerja yang dirasakan oleh konsumen yaitu : responsivness, Realiability, Assurance, Emphaty dan  Tangibles. “ Seharusnya terdapat penggunaan tanda baca KOMA (,) di dalam bagian antara kata konsumen dengan yaitu. Dan juga antara kata emphaty dengan kata dan. Penggunaan tanda baca banyak yang tidak tepat. Terdapat kalimat yang tidak menggunakantanda titik (.) pada akhir kalimat dan penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat, contohnya pada kalimat “ T-Test pada prinsipnya adalah suatu teknik statistik untuk menguji hipotesis, tentang ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara dua kelompok sampel dengan jalan perbedaab meannya”. Tanda koma (,) tersebut seharusnya tidak perlu dipakai. Pada kalimat “ Dan dalam penelitian ini yang lebih baik adalah Indomaret hal ini diketahui bahwa dari uji – t Indomaret yang lebih besar dari Alfamart sebesar 31,749 > 23,341”. Tanda koma (,) seharusnya dipakai setelah kata “Indomaret” atau bisa digunakan kata hubung “karena”.

Terdapat  Penggunaan kata-kata yang tidak baku, seperti kuesioner, tatkala, studi, dan efesien. Kata – kata tersebut dapat diganti dengan kuisioner, ketika, pembelajaran, dan efisien agar dapat dimengerti oleh pembaca.
Di dalam artikel ini terdapat pemborosan kata-kata. Pada bagian hasil penelitian dan pembahasan paragraf empat, terdapat kalimat “ analisis kepuasan konsumen Indomart dengan kepuasan konsumen Alfamart terhadap dimensi assurance (harusnya insurance) diketahui bahwa ternyata memang memiliki perbedaan yang signifikan”. Seharusnya tak perlu memasukan kata bahwa dengan ternyata sekaligus semuanya dalam kalimat tersebut karena kata tersebut jadi tidak efektif karena memiliki arti yang sama.
Sekian ulasan saya tentang artikel analisis perbandingan kepuasan konsumen terhadap pelayanan pada minimarket indomaret dengan alfamart di kompleks pesona anggrek Bekasi. Semoga dapat bermanfaat buat pembaca. Dan mohon maaf jika ada kata-kata saya yang salah karena disini kita semua sama-sama belajar. =)

Published in: on Mei 11, 2010 at 3:13 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://antilicious.wordpress.com/2010/05/11/ulasan-artikel/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: